Skip to main content

TANDA VERBAL DAN NON-VERBAL DALAM SEMIOTIKA PADA IKLAN NUTRISARI

 TANDA VERBAL DAN NON-VERBAL DALAM SEMIOTIKA PADA IKLAN NUTRISARI

2022-07-11 19:54:05.339000

Pada sebuah iklan Nutrisari yang ditayangkan di stasiun tv RCTI terdapat tanda verban dan non verbal dalam semiotika yaitu:

- tanda verbal: terdapat beberapa kalimat “SEGAR BERVITAMIN” dan juga “100 VITAMIN C” yang menggambarkan tipografi dengan teks

- tanda non- verbal: tanda non verbalnya terdapat pada bentuk jeruk dan juga warna orange pada cipratan minuman nya yang menunjukan bahwa dengan meminum ini memiliki banyak vitamin utama dari buah jeruk dan memiliki kesan segar yang dihasilkan oleh bentuk cipratan air nya.

Comments

Popular posts from this blog

Semiotika Dalam Kehidupan Sehari-hari

  Semiotika yang pernah saya alami dalam kehidupan sehari- hari saya adalah: 1.  kebiasaan saya melewati orang yang lebih tua dengan jalan membungkuk. - Signifer nya yaitu posisi saya yang membungkukan badan saat melewati orang-orang. - Signified nya yang ada pada gesture membungkuk saat melewati orang lain  dengan membungkukan badan menjadi sebuah tanda bahwa kita menghormati orang yang lebih tua saat kita melewat di depan nya dan meberikan makna sopan dan santun menjadikan sebuah budaya atau kebiasaan yang selalu kita lakukan dalam kehidupan sehari- hari.   2. Ketika saya sedang PMS - Signifer nya yaitu raut wajah saya yang kusut, suasana hati yang selalu tidak baik , sakitnya perut dan perilaku terhadap orang sekitar yang kurang baik. - Signified nya dengan tanda atau gesture tersebut dapat disimpulkan bahwa saya sedang PMS yang diakibatkan  dengan naik-turunnya kadar hormon estrogen di sepanjang  siklus menstruasi .  Gejolak emosi saat menstruasi j...

Review Penelitian tentang Seni Rupa dan Desain

  Review Jurnal Beserta Objek dan Teori: Maharani Mancanagara seorang seniman asal Bandung mencoba membayangkan peristiwa sejarah yang ditulis R.Soegriwo Jeododiwirdjo yaitu kakeknya melalui sebuah karya rupa. Persoalan yang muncul adalah bagaimana tanda, makna serta pesan yang ingin disampaikan melalui cerita sejarah yang terjadi di Indonesia dihadirkan kembali oleh Maharani di masa sekarang dengan karyanya ( Pebrianti , P.,  Cahyana , A., &  Listiani , W. (2020). SEMIOTIKA HISTORIS PADA KARYA RUPA MAHARANI MANCANAGARA.  ATRAT: Jurnal Seni Rupa ,  8 (1), 063-073 ). Perspektif lebih obyektif karena seniman sebagai kreator berbanding lurus dengan karya yang disajikan. Elemen visual yang dipilih dan disajikan seniman tersusun berdasarkan kemampuan kreatif menyusun citra visual yang berangkat dari aspek pengalaman yaitu berupa rasa khawatir/kegelisahan atau ketakutan yang mendasarinya dalam berkarya. Karya seni yang terwujud representasi dari dunia psikis senim...